Monday 1 April 2013

Cara Menanam Tomat


Cara Menanam Tomat
Sebelum menanam tomat, kita harus mengetahui terlebih dahulu sifat-sifat tomat yang berhubungan dengan musim. Tomat yang ditanam pada musim hujan sebenarnya dapat hidup subur meskipun kendalanya cukup banyak. Hasil tomat pada musim kemarau lebih baik, tetapi banyak diserang hama.

Berikut ini adalah cara menanam tomat:

# Siapkan tanah sebagai media untuk menanam tomat.
Tomat dapat hidup subur bila tanah gembur. Oleh karena itu tanah harus dicangkul, ditraktor, atau dibajak terlebih dahulu. Kedalaman pencangkulan sebaiknya antara 30-40 cm. Setelah dicangkul, biarkan selama beberapa hari agar terkena sinar matahri untuk mengurangi kemungkinan adanya hama dan penyakit

# Buat bedengan
Buatlah bedengan di tanah yang telah gembur tersebut. Lebar bedengan kurang lebih 100 cm - 200 cm dan panjang 10 m - 15m atau bisa disesuaikan dengan keadaan tanah. Setelah bedengan selesai dibuat, tanah bisa dihaluskan / diratakan.

# Pemberian pupuk
Berikan pupuk dasar yang berupa kompos dan TSP. Pemberian pupuk bisa dengan cara pupuk ditabur rata diatas permukaan tanah kemudian tanah dicangkul agar tercampur rata. Atau bisa juga dengan menggunakan cara membuat lubang sedalam 15 cm dan bergaris tengah 20 cm dan pupuk dimasukkan ke dalam lubang-lubang tersebut kemudian ditimbun tanah dan diaduk-aduk sampai pupuk dan tanah tercampur rata.

# Persemaian
Biji / benih bisa langsung ditanam di lahan yang telah disiapkan atau bisa juga disemai lebih dahulu. Persemaian bertujuan untuk memudahkan perawatan.


# Penanaman
Tomat ditanam dengan 2 macam jarak tanam yaitu sistem dirempel (jarak tanam 50x50 cm atau 60x60 cm) dan sistem bebas. Cara menanam dengan sistem bebas bertujuan utnuk membiarkan tunas-tunas tumbuh menjadi cabang besar dan berbuah.

# Pemupukan dan perawatan
Setelah semua benih ditanam, kita tinggal memberikan pupuk dan merawat tanaman tomat kita. Jenis pupuk yang diberikan bisa berupa kompos ataupun pupuk yang lain.
Video cara menanam tomat
Video ini memberikan panduan bagaimana langkah-langkah cara menanam tomat
(indahf/Carapedia)

Pencarian Terbaru (100)
Budidaya tomat. Cara menanam tomat. Cara bercocok tanam. Bercocok tanam tomat. Menanam tomat. Bertanam tomat. Cara bertanam tomat.
Cara penanaman tomat. Cara bercocok tanam tomat. Cara budidaya tomat. Cara tanam tomat. Pertanian tomat. Penanaman tomat. Tanam tomat.
Cara menanam tomat hidroponik. Cara merawat tomat. Cara bertani. Pengertian tomat. Cara merawat tanaman tomat. Makalah budidaya tomat. Gambar tomat.
Cara menanam tomat yang baik. Tomat hidroponik. Perawatan tomat. Budi daya tomat. Cara pembibitan tomat. Tomat. Cara bercocok tanam yang baik.
Teknik budidaya tomat. Cara menanam. Bertani tomat. Cara budidaya tomat hidroponik. Cara menanam tomat yang benar. Hidroponik tomat. Langkah langkah menanam tomat.
Media tanam tomat. Cara menanam tanaman tomat. Cara perawatan tomat. Jarak tanam tomat. Pengertian tanaman tomat. Cara berkebun tomat. Persemaian tomat.
Budidaya tomat hidroponik. Makalah budidaya tanaman tomat. Cara memelihara tomat. Berkebun tomat. Merawat tanaman tomat. Makalah tanaman tomat. Definisi tomat.
Cara bertani tomat. Cara menanam dan merawat tomat. Teknik penanaman tomat. Cara membudidayakan tomat. Macam macam tomat. Pupuk tomat. Cara cara menanam tomat.
Teknik menanam tomat. Gambar tanaman tomat. Artikel cara menanam tomat. Cara pemeliharaan tomat. Bagaimana cara menanam tomat. Cara merawat pohon tomat. Proposal budidaya tomat.
Cara menanam tomat dengan hidroponik. Cara bertani yang baik. Cara budidaya tanaman tomat. Resensi buku pertanian. Cara berkebun yang baik. Cara bercocok tanaman tomat. Cara penanaman tomat yang baik.
Budidaya tanaman tomat. Cocok tanam tomat. Pemeliharaan tomat. Cara pembudidayaan tomat. Pembudidayaan tomat. Makalah tentang tumbuhan tomat. Langkah menanam tomat.
Www.cara menanam tomat. Cara tanam tomat hidroponik. Pembibitan tomat. Jarak tanam tanaman tomat. Makalah tentang tanaman tomat. Proses penanaman tomat. Cara memelihara tanaman tomat.
Macam macam jarak tanam. Cara nanam tomat. Cara perawatan tanaman tomat. Makalah tentang tomat. Merawat tomat. Artikel budidaya tomat. Perawatan tanaman tomat.
Laporan budidaya tomat. Http://carapedia.com/menanam_tomat_info675.html. Cabe hidroponik. Tehnik budidaya tomat. Teknik bertani. Tanaman tomat. Menanam tomat hidroponik.
Laporan budidaya tanaman tomat. Makalah tentang budidaya tomat.


4 komentar:

  1. bagaimanan gan dengan kondisi tanahnya harus pilih yang bagaimana

    ReplyDelete
  2. @gamatjelly.web.id, untuk jenis tanahnya itu terserah intinya tanahnya itu tidak menandung banyak air karna tomat tidak suka air dan tidak berbatuan.ok..

    ReplyDelete
  3. Dengan cara tanam yang sama kadang hasil bisa berbeda gan... ketekunan juga sangat berpengaruh pada hasil... Salam Sukses...
    Halotani

    ReplyDelete