Wednesday 11 September 2013

Makalah Hak Asasi Manusia


BAB I
Pendahuluan
1.1.        Latar Belakang
Hak merupakan unsur normatif yang melekat pada diri setiap manusia yang dalam penerapannya berada pada ruang lingkup hak persamaan dan hak kebebasan yang terkait dengan interaksinya antara individu atau dengan instansi. Hak juga merupakan sesuatu yang harus diperoleh. Masalah HAM adalah sesuatu hal yang sering kali dibicarakan dan dibahas terutama dalam era reformasi ini. HAM lebih dijunjung tinggi dan lebih diperhatikan dalam era reformasi dari pada era sebelum reformasi. Perlu diingat bahwa dalam hal pemenuhan hak, kita hidup tidak sendiri dan kita hidup bersosialisasi dengan orang lain. Jangan sampai kita melakukan pelanggaran HAM terhadap orang lain dalam usaha perolehan atau pemenuhan HAM pada diri kita sendiri. Dalam hal ini penulis merasa tertarik untuk membuat makalah tentang HAM. Maka dengan ini penulis mengambil judul “Hak Asasi Manusia”.
secara teoritis Hak Asasi Manusia adalah hak yang melekat pada diri manusia yang bersifat kodrati dan fundamental sebagai suatu anugerah Allah yang harus dihormati, dijaga, dan dilindungi. hakikat Hak Asasi Manusia sendiri adalah merupakan upaya menjaga keselamatan eksistensi manusia secara utuh melalui aksi keseimbangan antara kepentingan perseorangan dengan kepentingan umum. Begitu juga upaya menghormati, melindungi, dan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia menjadi kewajiban dan tangung jawab bersama antara individu, pemeritah (Aparatur Pemerintahan baik Sipil maupun Militer), dan negara.

Contoh Soal Kimia Serta Pembahasannya


KIMIA
Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas!
1.       Sebutkan dan jelaskan teori perkembangan model atom !
2.       Apakah dasar penyusunan sistem pengelompokan unsur triade dobereiner dan sistem oktaf newlands ?
3.       Tentuksn letak unsur dalam periode dan golongan dari 19K
4.       Tentukan pasangan unsur yang berisotop. Isoton, dan isobar dari table berikut !

5.       Berapa elektron yang dilepaskan atau diterima unsur 9F dan 13Al? Berikan penjelasan!
6.       Jelaskan pembentukan ikatan pada NaCI !
7.       Jelaskan pembentukan ikatan CIOdan N!
8.       Sebutkan dan jelaskan perbedaan sifat senyawa ion dan senyawa kovalen !

Kebugaran Jasmani


A.    Pengertian Kesegaran Jasmani

Mengenai definisi
 kesegaran jasmani ada beberapa ahli memberikan pengertian sebagai berikut :  Sadoso Sumosardjuno (1989 : 9) mendefinisikan Kesegaran Jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menunaikan tugasnya sehari-hari dengan gampang, tanpa merasa lelah yang berlebihan, serta masih mempunyai sisa atau cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggangnya dan untuk keperluan-keperluan mendadak. dengan kata lain Kesegaran jasmani dapat pula didefinisikan sebagai  kemampuan untuk menunaikan tugas dengan baik walaupun dalam keadaan sukar, dimana orang yang kesegaran jasmaninya kurang, tidak akan dapat melakukannya. Agus Mukhlolid, M.Pd (2004 : 3) menyatakan bahwa Kesegaran Jasmani adalah kesanggupan dan kemampuan untuk melakukan kerja atau aktivitas, mempertinggi daya kerja dengan tanpa mengalami kelelahan yang berarti atau berlebihan. 
Sumosardjuno dan Giri Widjojo menyatakan kesegaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk menyesuaikan fungsi alat-alat tubuh dalam batas fisiologi terhadap keadaan lingkungan atau kerja fisik secara efisien tanpa lelah berlebihan. Suratman (1975) kesegaran jasmani adalah suatu aspek fisik dari kesegaran menyeluruh (total fitness) yang memberi kesanggupan kepada seseorang untuk menjalankan hidup yang produktif dan dapat menyesuaikan pada tiap pembebanan atau stres fisik yang layak. 

Softball


Sofbol atau dikenal dengan softball adalah olahragabola beregu yang terdiri dari dua tim. Permainan sofbol lahir di Amerika Serikat, diciptakan oleh George Hancock di kota Chicago pada tahun 1887. Sofbol merupakan perkembangan dari olahraga sejenis yaitu bisbol atau hardball. Bola sofbol saat ini berdiameter 28-30,5 sentimeter; bola tersebut dilempar oleh seorang pelempar bola (pitcher) dan menjadi sasaran pemain lawan, yaitu pemukul bola dengan menggunakan tongkat pemukul (bat). Terdapat sebuah regu yang berjaga (defensif) dan tim yang memukul (ofensif). Tiap tim berlomba mengumpulkan angka (run) dengan cara memutari tiga seri marka (base) pelari hingga menyentuh marka akhir yaitu home plate.
Terdapat tiga tipe permainan sofbol:
  • Fast pitch softball merupakan permainan ditentukan oleh pelempar bola. Pelempar melempar bola dengan kecepatan maksimum, serupa dengan bisbol. Perbedaan terdapat pada gaya lempar pelempar bola dan cara pelepasan bola. Pelepasan bola terletak di bawah atau sama dari posisi glove.
  • Modified pitch softball atau sering dikenal dengan nama modball. Tujuan utamanya adalah untuk melunakkan aturan-aturan yang dipakai di kategori fast-pitch sehingga pemain-pemain yang belum terbiasa tidak akan terkejut dengan peraturan-peraturan yang "ketat" di sofbol seperti strike zone, jarak antara marka, lamanya permainan dan lain-lain. Kecepatan lemparan pelempar bola dalam modball berada di antara fast dan slow pitch. Kecepatan bola dibatasi dengan putaran lengan melebihi bahu.
  • Slow pitch softball memberikan kemudahan bagi pemukul untuk memukul bola. Pemukul bola diberi bola terus-menerus oleh pelempar bola sampai bisa memukul bolanya. Lemparan pelempar bola pelan melambung. Permainan ini sering dimainkan dalam komunitas sosial sebagaimana sebuah kompetisi, tanpa dibatasi umur dan gender.

Cara Membuat Proposal


cara membuat proposal
Kata proposal berasal dari bahasa Inggris yang di dalam bahasa Indonesia mempunyai pengertian usul; tawaran; rencana; perencanaan; pengajuan; atau lamaran. Pengertian itu kemudian meluas menjadi penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai hasil tertentu yang diinginkan. Dan pada akhirnya, dalam pembicaraan ini kata proposal diberi pengertian sebagai rencana kerja yang disusun secara sistematik dan terinci untuk suatu kegiatan yang bersifat formal.
Sebuah lembaga, instansi, organisasi, bahkan individu yang menginginkan hasil kerja secara optimal, selayaknya mereka mampu membuat perencanaan secara matang. Langkah prakerja yang diperhitungkan oleh individu atau tim pelaksana secara teoritis itulah yang kita kenal sebagai penyusunan proposal.

Contoh Puisi Cinta


Cinta, entah kenapa
Membayangkanmu, Purnama semakin indah
Memikirkanmu, Pekat malam kini tak terasa
Cinta, membuatku terombang-ambing
Merasakan gerimis mu yang membasahi
Pucuk-pucuk hatiku
Cinta, senyummu indah begitu saja
Melumpuhkan tangisan yang menghantui
Cinta, entah kenapa
Merasakanmu, air mata menjadi kering
Memilikimu, rembulan semakin indah
ingin ku berselimut dipelukanmu
tuk menghilangkan kehampaan hatiku
cinta, membuat langit kelabu jadi biru
kini ku berlabuh di atas ombak mu
yang memabukkan
di bawah gumpalan megamu
yang indah, cinta
cinta,  membawaku ke hutan asmara
yang penuh dengan kabut kasih sayang
damai terasa jika memilikimu
damai terasa jika denganmu
melenyapkan butiran debu kegundaan
menlenyapkan butiran debu kegalauan, kekosongan
Oh cinta, hiduplah bernafaskan cinta



Materi Menulis Berita


Pengertian berita sampai saat ini masih belum ada kebulatan. Masih terdapat perbedaan pendapat antara seorang ahli dengan yang lain. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, berita adalah laporan mengenai kejadian atau peristiwa hangat. Yang lain berpendapat bahwa berita bukan hanya sekedar laporan peristiwa tetapi juga merupakan pempublikasiannya. Sebagus dan sepenting apapun sebuah berita , jika tidak dipublikasikan tidak akan menjadi berita. Bukankah adanya berita karena adanya hasil publikasi terhadap suatu kegiatan atau peristiwa?. Adapun cara mempublikasiannya bisa melalui media maupun dari mulut ke mulut. Wujud berita adalah laporan yang disampaikan sehingga diketahui oleh khalayak. Jadi berita adalah laporan kejadian yang dipublikasikan untuk diketahui khalayak ramai. Kata kuncinya adalah kejadian dan pempublikasian.

Resensi Novel Sekolah Itu Indah


Sekolah itu Candu
Apa pentingnya sekolah kalau berakhir menjadi pengangguran? Sejak dini, orang tua berbondong-bondong memasukkan anak mereka pada sekolah-sekolah favorit demi masa depan sang anak. Kegemilangan masa depan menurut pandangan seperti itu diukur dari tingkat pendidikan. Artinya semakin tinggi sekolahnya maka berpengaruh besar terhadap peningkatan pendapatan. Anak berlomba-lomba berkompetisi, namun sayangnya hanya menghadirkan prestasi otak, bukan watak. Namun kita patut berbangga dengan banyak kemenangan prestatif pada berbagai olimpiade internasional yang berbau akademis namun mendapat sambutan dingin dari bapak daerah, tidak seperti kemenangan audisi menyanyi yang dilangsungkan di televisi yang sangat disambut hangat.
Begitu banyak deviasi terjadi seusai sekolah selesai. Jelas, sekolah tidak mampu menjawab berbagai ragam permasalahan bangsa karena ruh belajar berbentuk persekolahan sudah seperti komoditas yang bertulang materialisme. Persoalannya hanya karena sekolah telah menjadi pengertian stereotip, bukan suatu stigma kental dalam alam pikiran masyarakat. Kata Roem “Lalu, mengapa ia mesti dibebani dengan sejuta keharusan dan pembatasan yang malah makin mempersempit ruang gerak, wawasan, dan dinamikanya.” Selain itu, kalau anak-anak sekolah kumpul kebo, tawuran, menghisap ganja, berbuat kriminal, menjarah bus kota, salah siapa ? Kalau banyak sarjana lulusan sekolah tertinggi lantas larut jadi koruptor dan tukang peras rakyat kecil, salah siapa?

Teka-teki


Apa persamaan pahlawan Pangeran Diponegoro dengan Cut Nyak Dien?
Sama-sama enggak punya handphone

Apa yang menyebabkan terjadinya pasang surut di lautan?

Pasang adalah pertarungan antara Bumi dan Bulan. Semua air cenderung mengalir kebulan, karena tidak ada air di bulan, dan alam membenci ruang hampa.Saya lupa di mana posisi matahari dalam pertarungan ini.

Bagaimana cara Anda untuk bias menunda susu agar tidakcepat menjadi basi?
Tetap menyimpannya di dalam sapi.


Kenapa ayam kalo berkokok matanya merem?
Karena sudah hapal teksnya.


Nama-Nama Tulang Penyusun Manusia


Bagian kepala (os.cranium)
• 1 tulang dahi (os.frontale)
• 2 tulang ubun-ubun (os.parietale)
• 1 tulang kepala belakang (os.occipitale)
• 2 tulang baji (os.sphenoidale)
• 2 tulang pelipis (os.temporale)
• 2 tulang tapis (os.ethmoidale)
Bagian muka/wajah (os.splanchocranium)
• 2 tulang rahang atas (os.maxilla)
• 2 tulang rahang bawah (os.mandibula)
• 2 tulang pipi (os.zygomaticum)
• 2 tulang langit-langit (os.pallatum)
• 2 tulang hidung (os.nasale)
• 2 tulang mata (os.laximale)
• 1 tulang lidah (os.hyoideum)
• 2 tulang air mata (os.lacrimale)
• 2 tulang rongga mata (os.orbitale)
Badan (os.trunca)
Ruas tulang belakang (os.vertebrae)
• 7 ruas tulang leher (os.vertebrae cervicale)
• 12 ruas tulang punggung (os.vertebrae thoracalis)
• 5 ruas tulang pinggang (os.vertebrae lumbalis)
• 5 ruas tulang kelangkang (os.vertebrae cacrum)
• 4 ruas tulang ekor (os.vetebrae cocigeus)
Tulang dada (os.sternum)
• 
Tulang hulu (os.manubrium sterni)
• 
Tulang badan (os.corpus sterni)
• 
Taju pedang (os.proccesus xyphoideus)
Tulang rusuk (os.costae)
• 7 pasang tulang rusuk sejati (os.costae vera)
• 3 pasang tulang rusuk palsu (os.costae sporia)
• 2 pasang tulang rusuk melayang (os.costae fluctuantes)
Tulang gelang bahu
• 2 tulang belikat (os.scavula)
• 2 tulang selangka (os.clavicula)
Tulang gelang panggul (os.pelvis verilis)
• 2 tulang usus (os.ichium)
• 2 tulang duduk (os.cosae)
• 2 tulang kemaluan (os.pubis)
• 2 tulang pinggul (os.pelvis)
Tulang anggota gerak
Tulang lengan (os.extremitas anterior)
• 2 tulang lengan atas (os.humerus)
• 2 tulang hasta (os.ulna)
• 2 tulang pengumpil (os.radius)
• 2 X 8 tulang pergelangan tangan (os.carpal)
• 2 X 5 tulang telapak tangan (os.meta carpal)
• 2 X 5 tulang jari tangan (os.phalanges manus)
• 2 X 14 ruas tulang jari tangan (os.digiti phalanges manus)
Tulang tungkai (os.extremitas posterior)
• 2 tulang paha (os.femur)
• 2 tulang tempurung lutut (os.patella)
• 2 tulang kering (os.tibia)
• 2 tulang betis (os.fibula)
• 2 tulang tumit (os.calcaneus)
• 2 X 7 tulang pergelangan kaki (os.tarsal)
• 2 X 5 tulang telapak kaki (os.meta tarsal)
 
• 2 X 14 tulang jari kaki (os.phalanges pedis)
 
• 2 X 14 ruas tulang jari kaki (os.digiti phalanges pedis)

Perbedaan Karakteristik Sel Darah Putih


Ada beberapa jenis sel darah putih yang memiliki granula yaitu :1. Basofil.
2. 
Eosinofil.
3. 
Neutrofil.
dan dua jenis yang lain tanpa granula dalam sitoplasma:1. Limfosit.2. Monosit.

A.      Jenis sel darah putih yang memiliki granula yaitu :
a. Neutrifil
Karakteristiknya :1.    Memiliki nukleus yang terdiri dari 2-5 lobus
2.       Jumlahnya sekitar  65% dalam tubuh orang sehat
3.       Plasma bersifat netral, sehingga granulanya dapat menyerap zat warna preparat yang bersifat netral
4.       Bersfat fagosit
5.       Neutrofil bergerak secara amebold dan darah masuk ke jaringan yang terinfeksi dan menghancurkan bakteri yang ada
6.       Gerak neutrofil terjadi karena sinyal kimiawi dari daerah yang terluka
7.       Neutrofil berhubungan dengan pertahanan tubuh terhadap infeksi bakteri serta proses peradangan kecil lainnya, serta biasanya juga yang memberikan tanggapan pertama terhadap infeksi bakteri; aktivitas dan matinya neutrofil dalam jumlah yang banyak menyebabkan adanya nanah.

b. Eosinofil
karakteristiknya :
1.       Memiliki nukleus yang terdiri dari 2 lobus (ruang)
2.       Jumlahnya sekitar  4% dalam tubuh orang sehat
3.       Plasmanya bersifat asam sehingga granulanya dapat diwarnai oleh eosin
4.       Peningkatan eosinofil terjadi pada peristiwa alergi infeksi parasit, kanker tulang.

c. Basofil
karakteristiknya :
1.       Memiliki nukleus yang bentuknya teratur
2.       Jumlahnya sekitar  <1% dalam tubuh orang sehat
3.       Plasmanya bersifat basa
4.       Dapat menghasilkan histamin (zat yang berfungsi melawan alergen) dan heparin (zat yang mencegah pembekuan darah)
5.       Peningkatan basofil terdapat pada leukimia, dan fase penyembuhan infeksi
Basofil bertanggung jawab untuk memberi reaksi alergi dan antigen dengan jalan mengeluarkan histamin kimia yang menyebabkan peradangan.

B.      Jenis sel darah putih yang tidak memiliki granula yaitu : a. Monosit
karakteristiknya :
1.       Memiliki nukleus yang besar
2.       Jumlahnya sekitar 6% dalam tubuh orang sehat
3.       Manosit dapat berpindah dari aliran darah ke jaringan
4.       Bersifat fagosit
5.       Di dalam jaringan, monosit membesar dan berubah menjadi makrofag
6.       Monosit  membagi fungsi "pembersih vakum" (fagositosis) dari neutrofil, tetapi lebih jauh dia hidup dengan tugas tambahan: memberikan potongan patogen kepada sel T sehingga patogen tersebut dapat dihafal dan dibunuh, atau dapat membuat tanggapan antibodi untuk menjaga.

b. Limposit
karakteristiknya :
1. Memiliki nukleus yang besar dan tidak mempunyai granula   dalam sitoplasmanya
2. jumlahnya sekitar 20-15% dalam darah orang yang sehat
3. selnya tidak bergerak bebas
4. fungsinya membunuh dan memakan bakteri yang masuk ke dalam tubuh
5. Ada dua jenis limposit
        - sel B, dibentuk dalam sumsum tulang dan berfungsi dalam pembentukan antibodi


        - sel T, terbentuk dalam kelenjar timus, berfungsi dalam pengaktipan sistem imun sel B dan juga dapat membunuh dan mencerna benda asing dan sel tubuh yang rusak.

Sistem Pencernaan Makanan


A.      MakananMakanan terdiri atas 2 jenis yaitu makanan bergizi dan makanan higienis. Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, air, dan unsur-unsur mineral. Makanan higienis adalah makanan yang tidak mengandung bibit penyakit ataupun zat-zat yang dapat menggganggu dan membahayakan kesehatan tubuh.
1.       Fungsi makanan
a.        Sebagai penyedia bahan bakar atau sebagai sumber energi. Zat makanan yang dapat menghasilkan energi adalah karbohidrat, lemak, dan protein.
b.      Sebagai pembangun tubuh. Zat makanan yang berfungsi sebagai pembangun tubuh adalah protein dan beberapa mineral.
c.       Sebagai pelindung dan pertahanan tubuh. Zat makanan yang berfungsi sebagai pelindung dan pertahanan tubuh adalah protein, vitamin dan mineral.
2.       Zat-zat makanan dan peranannya di dalam tubuh
a.       Karbohidrat
Karbohidrat merupakan senyawa organik yang mengandung unsur-unsur  karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O). Berdasarkan gugus gula penyusunannya, karbohidrat dikelompokkan menjadi monosakarida, disakarida, dan polisakarida.
-          Monosakarida (C6H12O6) adalah karbohidrat yang terdiri dari satu gugus gula.contohnya adalah heksosa, glukosa, galaktosa, ribosa (penyusun RNA), deoksiribosa (penyusun DNA). Memiliki Rasa manis, mudah larut dalam air
-          Disakarida (C12H12O11) adalah karbohidrat yang terdiri dari dua gugus gula. Contohnya laktosa (glukosa + galaktosa), Sukrosa (glukosa + fuktosa), maltosa (glukosa + glukosa). Memiliki rasa manis, mudah larut dalam air.
-          Polisakarida (C6H10O5) adalah yang terdiri dari banyak gugus gula. Contohnya amilum, glikogen (gula otot), selulosa, pektin, lignin, kitinUmumnya tidak berasa atau berasa pahit, sukar larut dalam air

Fungsi dari karbohidrat yaitu :
1.        Sumber energi utama. Pada proses respirasi, 1  gram glukosa menghasilkan 4,1 kalori.
2.       Merupakan bahan pembentuk senyawa kimia lain, misalnya asam lemak sebagai penyusun lemak dan asam amino sebagai penyusun protein.
3.       Merupakan komponen penyusun gen dalam inti sel yang amat penting dalam pewarisan sifat. Gen terdiri dari asam deoksiribonukleat (DNA) dan asam ribonukleat (RNA) yang merupakan karbohidrat beratom C lima.
4.       Membantu proses buang air besar. Selulosa merupakan polisakarida berserat yang sulit dicerna, tetapi dalam sisa pencernaan dapat mencegah konstipasi (sembelit).

b.      Lemak Lemak adalah sumber energi yang tinggi. Satu gram lemak menghasilkan energi 9 kilokalori. Lemak tersusun oleh unsur karbon (C), hidrogen (H), Oksigen (O), dan kadang-kadang fosfor (P) serta nitrogen (N).Berdasarkan komposisi kimianya lemak dibedakan menjadi lemak sederhana, lemak campuran,dan derivat lemak.
Fungsi lemak adalah sumber energi; pelindung tubuh dari pengaruh suhu rendah; pelarut vitamin A, D, E, dan K; pelindung alat-alat tubuh yang vital (antara lain jantung, lambung), yaitu sebagai bantalan lemak; bahan penyusun hormon dan vitamin.
Berdasarkan ikatan kimianya, asam lemak dibedakan menjadi dua yaitu asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh.Berdasarkan asalnya, lemak dapat dibedakan menjadi 2 yaitu lemak nabati dan lemak hewani.Lemak nabati  adalah lemak dari tumbuhan yang dapat diperoleh dari kelapa, kemiri, zaitun, berbagai tanaman kacang, dan buah avokat. Lemak hewani adalah lemak dari hewan yang dapat diperoleh dari keju, lemak daging, mentega, susu, ikan basah, minyak ikan, dan telur. Penyerapan lemak di dalam usus halus

c.       Protein
Protein adalah suatu senyawa organik yang tersusun oleh unsur-unsur C, O, H, N dan kadang-kadang mengandung unsur S dan P.Komponen dasar dari senyawa protein adalah asam amino.
Asam amino dibedakan menjadi:
a.       Asam amino esensial
b.      Asam amino semi esensial
c.       Asam amino non esensial
 Berdasarkan asalnya, protein dibedakan menjadi 2 yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani adalah protein dari hewan yang dapat diperoleh dari berbagai macam daging, telur, ikan asin, cumi-cumi, udang, susu, dan keju. Protein nabati adalah protein dari tumbuhan yang dapat diperoleh dari kacang tanah, kedelai, kecap, tempe, tahu, kacang ercis, dan kacang merah. Protein berfungsi sebagai penyusun sel-sel baru untuk pertumbuhan, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan mengatur semua proses di dalam tubuh. Kekurangan protein menyebabkan pertumbuhan terhambat dan mudah terkena infeksi. Kelebihan protein tidak dapat disimpan di dalam tubuh. Kelebihan protein akan dikeluarkan dalam bentuk urin.
d.      Mineral
Mineral dapat diperoleh dari daging, sayuran, buah-buhan, susu dan keju. Mineral berfungsi sebagai zat penyusun tubuh, mempercepat reaksi dan menjaga kondisi fisiologi tubuh. Mineral tidak mengalami proses pencernaan, karena sifatnya mudah larut dalam air sehingga mineral mudah diserap oleh darah di kapiler jonjot-jonjot usus halus.
Berdasarkan jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh, mineral dikelompokkan menjadi 2, yaitu makroelemen dan mikroelemen. Makroelemen adalah unsur yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang banyak, misalnya natrium (Na), kalsium (Ca), kalium (K), fosfor (P), Magnesium (Mg), klor (Cl), belerang (S), flour (F), dan iodium (I). Mikroelemen adalah unsur yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit, misalnya mangaan (Mn), kromium (Cr), kobalt (Co), dan Molibdenum (Mo), seng (Zn) dan tembaga (Cu)
e.      Vitamin
Vitamin adalah zat organik pelengkap makanan yang diperlukan tubuh. Fungsi vitamin yaitu untuk memperlancar metabolisme tubuh. Vitamin tidak menghasilkan energi. Berdasarkan kelarutannya, vitamin dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu vitamin yang larut dalam air (vitamin B dan C) dan vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E, dan K). Vitamin yang larut dalam air tidak dapat disimpan dalam tubuh, sedangkan vitamin yang larut dalam lemak dapat disimpan dalam tubuh.
f.        Air
Air tidak menghasilkan energi, tetapi kandungan air di dalam tubuh manusia ±60-65% berat tubuh. Air berfungsi untuk pelarut senyawa-senyawa, mengangkut zat dari sel ke sel atau dari jaringan ke jaringan, dan menjaga stabilitas suhu tubuh. Air yang diperlukan tubuh diperoleh langsung dari air minum dan secara tidak langsung diperoleh dari bahan makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Jumlah air yang dibutuhkan oleh tubuh bergantung pada berat badan dan aktivitas tubuh. Orang dewasa setiap hari minimal minum 8 gelas air untuk memenuhi kebutuhan tubuh.
-          Akibat yang ditimbulkan akibat makanan yang tidak seimbang
1.       Rabun Senja (Xeroftalmia)
Penderita rabun senja tidak dapat melihat benda disekelilingnya pada waktu senja hingga akhir malam.
2.       Penyakit Anemia (Kekurangan Sel Darah Merah)
                Anemia disebabkan karena kekurangan zat besi di dalam tubuh sehingga kadar hemoglobin di dalam darah menjadi rendah.
3.       Penyakit Gondok (Pembengkakan Kelenjar Godok)
                Penyakit ini disebabkan karena kekurangan yodium dalam makanan dan terdapatnya kandungan kapur yang tinggi pada air minum.

B.      Sistem pencernaan pada manusia
Proses pencernaan makanan meliputi dua tahap yaitu tahap pencernaan mekanis dan kimiawiPencernaan secara mekanis terjadi di dalam mulut yaitu ketika menguyah makanan hingga halus.
Pencernaan makanan kimiawi terjadi di dalam usus yaitu makanan dipecah menjadi molekul-molekul yang lebih sederhana oleh enzim-enzim pencernaan. Berdasarkan letak proses pencernaannya, pencernaan dibedakan menjadi 2 macam yaitu pencernaan ekstraseluler dan intraseluler. Proses pencernaan di dalam usus tergolong pencernaan di luar sel (ekstraseluler), karena bahan makanan itu dihancurkan ketika masih berada di luar sel. Pada organisme bersel satu terjadi proses pencernaan intraseluler, karena makanan akan dicerna setelah masuk ke dalam sel.
1.       Organ-organ sistem pencernaan pada manusia
a.       Mulut
Pada rongga mulut makanan dicerna secara mekanis dan kimiawi. Alat-alat pencernaan pada mulut adalah gigi, lidah, dan kelenjar air ludah. Tiap gigi umumnya terdapat puncak gigi atau mahkota gigi, leher gigi, akar gigi. Lapisan gigi paling luar disebut email. Di dalam email terdapat tulang gigi yang terbuat dari dentin yaitu jaringan yang berwarna kekuningan. Lapisan luar akar gigi disebut sementum (semen gigi). Gigi seri berfungsi memotong makanan, gigi taring sebagai pengoyak, gigi geraham sebagai pengunyah.
Lidah
Lidah berfungsi untuk:
a.       membantu mengatur letak makanan saat dikuyah di dalam mulut.
b.      membantu menelan makanan.
c.       mengecap makanan, yaitu rasa asin, manis, pahit, dan masam.
d.      peka juga terhadap dingin, panas, dan tekanan.
Kelenjar ludah
Ada 3 macam kelenjar ludah, yaitu kelenjar ludah parotid (di dekat pelipis), kelenjar ludah rahang bawah dan kelenjar ludah bawah lidah.Ludah mengandung air, lendir, garam, dan enzim ptialin.Enzim ptialin berfungsi mengubah zat tepung (amilum) menjadi gula yaitu maltosa dan glukosa.
b.      Kerongkongan
Kerongkongan merupakan saluran panjang sebagai jalan makanan dari mulut menuju ke lambung. Panjang kerongkongan ± 20cm dan lebar ± 2cm. Kerongkongan dapat melakukan gerak peristaltik yaitu gerakan melebar, menyempit, bergelombang dan meremas-remas, untuk mendorong makanan masuk ke lambung. Selama di dalam esofagus, makanan tidak mengalami proses pencernaan.
c.       Lambung
Lambung terletak di dalam rongga perut sebelah kiri di bawah sekat rongga badan. Lambung dapat dibagi menjadi tiga daerah, yaitu daerah kardiak, fundus dan pilorus.Makanan dicerna secara kimiawi di dalam lambung. Lambung juga melakukan gerak peristaltik untuk mengaduk-aduk makanan. Di bagian dinding lambung sebelah dalam terdapat kelenjar-kelenjar yang menghasilkan getah lambung. Getah lambung mengandung asam lambung (HCl) dan beberapa enzim-enzim pencernaan. Asam lambung berfungsi untuk membunuh mikroorganisme dan mengaktifkan enzim pepsinogen menjadi pepsin.Pepsin merupakan enzim yang dapat  mengubah protein menjadi molekul-molekul yang lebih kecil.
d.      Usus halus
Usus halus merupakan saluran pencernaan terpanjang yang terdiri dari tiga bagian, yaitu usus dua belas jari (duodenum), usus kosong  (jejunum), dan usus penyerapan (ileum).
Di dalam dinding usus dua belas jari terdapat saluran dari kantung empedu dan pankreas. Pankreas menghasilkan getah pankreas. Getah pankreas mengandung enzim amilase, tripsinogen, dan lipase.
Usus Kosong (Jejunum)
Panjang jejunum 1,5-1,75m. Di dalam jejunum, makanan menjadi bentuk bubur yang lumat dan encer karena mengalami pencernaan secara kimiawi oleh secara sempurna.
Usus Penyerapan (Ileum)
Panjang ileum 0,75-3,5m. Di dalam ileum, terjadi penyerapan (absorbsi) sari-sari makanan. Permukaan dinding ileum dipenuhi dengan bagian-bagian yang disebut jonjot-jonjot usus (vili) sehingga permukaan usus menjadi semakin luas dan penyerapan dapat berjalan baik.
e.      Usus Besar (Kolon), Rektum, dan Anus
Usus besar memiliki tambahan usus yang disebut umbai cacing (apendiks). Peradangan pada usus tambahan tersebut disebut apendiksitis (usus buntu). Panjang usus besar  ± 1m.
Usus besar berfungsi untuk mengatur kadar air sisa makanan. Di dalam usus besar terdapat bakteri Escherichia coli yang membusukkan sisa-sisa makanan menjadi kotoran (feses).
Dengan demikian kotoran menjadi lunak dan mudah dikeluarkan. Bakteri Escherichia coli pada umumnya tidak mengganggu kesehatan manusia, bahkan ada yang menghasilkan  vitamin K dan asam amino tertentu. Bagian akhir usus besar disebut rektum. Rektum bermuara pada anus.
Anus  mempunyai dua otot, yaitu otot tak sadar dan otot sadar.
2.       KELAINAN PADA SISTEM PENCERNAAN MANUSIA
1.       Apenditis (usus buntu) adalah peradangan pada apendiks (umbai cacing) yang disebabkan oleh infeksi bakteri.
2.       Diare atau mencret adalah gangguan penyerapan air didalam usus besar sehingga ampas makanan yang dikeluarkan dari tubuh berwujud cair.
3.       Kolik adalah rasa sakit berulang-ulang karena kontraksi otot dinding lambung atau usus yang kuat.
4.       Peritonitis adalah luka dan peradangan pada selaput rongga perut. Peritonitis disebabkan oleh tukak lambung dan apendisitis yang kronis.
5.       Sembelit atau konstipasi adalah kesulitan membuang air besar disebabkan oleh feses yang keras.
6.       Muntah-muntah adalah keluarnya makanan dan cairan lambung melalui mulut yang disebabkan karena keracunan, mabuk perjalanan, dan gangguan peredaran darah.
7.       Ulkus (radang lambung) adalah peradangan dinding lambung akibat produksi asam lambung lebih banyak daripada jumlah makanan yang masuk.
8.       Kanker lambung, biasanya disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan, merokok, dan sering mengkonsumsi makanan awetan.


9.       Kolitis atau radang usus besar, gejalanya berupa diare, kram perut, atau konstipasi, bahkan dapat terjadi pendarahan dan luka pada usus.

SOAL DAN PEMBAHASAN SISTEM PERCERNAAN


1.        Jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat adalah….
a.       Beras, jagung, daging, dan susu
b.      Beras, jagung, kentang, dan telur
c.       Gandum, sagu, biji-bijian, dan ikan
d.      Beras, jagung, gandum, dan sagu
e.      Beras, jagung, gandum, dan buah-buahan
Jawaban: D
Penjelasan: Bahan-bahan makanan karbohidrat yang sebagai sumber kalori bagi organisme heterotrof antara lain padi, jagung, gandum, ubi jalar, talas, ketela pohon, kentang, dan sagu yang semua produk karbohidrat dipastikan dari hasil Fotosintesis tumbuhan , tidak ada satupun yang bisa disumberkan dari hewan .   
2.       Zat makanan yang menghasilkan energi tertinggi untuk satuan berat yang sama adalah…
a.       Protein
b.      Karbohidrat
c.       Vitamin
d.      Lemak
e.      Serat kasar
Jawaban: D
Penjelasan: Penghasil energi utama bagi tubuh manusia adalah Lenak . Lemak tedapat pada makanan jika di hidrolisis akan menghasilkan 2 unit bahan sederhana yaitu asam lemak dan gliserol , sedang karbohidrat hanya bisa menhasilkan 1 unit senyawa glucosa dan begitu juga protein hanya menghasilkan 1 senyawa sederhana asam amino . agar jelas perbandingannya 1 gram karbohidrat . protein hanya menghasilkan 4, 1 kalori , sedangkan 1 gram lemak karena dua senyawa langsung bisa diurai menhasilkan 9, 3 kalori setiap gramnya OK
3.       Tidak semua zat-zat yang terdapat dalam bahan makanan akan mengalami pencernaan. Zat berikut apabila terdapat dalam bahan makanan tidak akan mengalami pencernaan adalah….
a.       Amilum
b.      Vitamin
c.       Lemak
d.      Karbohidrat
e.      Protein
Jawaban: B
Penjelasan: Zat-zat makanan yang mengalami proses pencernaan adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Sebaliknya vitamin, unsur-unsur mineral, dan air tidak mengalami pencernaan oleh enzim , vitamin, unsur-unsur mineral, dan air langsung bisa diakses oleh darah di usus halus tanpa pencernaan kimiawi OK

4.       Selain merupakan penyusun enzim, protein juga berfungsi dalam….
a.       Penimbunan lemak
b.      Merusak zat yang bersifat racun
c.       Memelihara tekanan osmosis darah
d.      Menjaga keseimbangan energy
e.      sebagai sumber energi pokok
Jawaban: B
Penjelasan: Salah satu fungsi protein adalah membantu mengatur kemampuan tubuh mendetoksifikasi (menawar racun zat-zat asing) protein globulin , presipitin dll
5.       Pada saluran pencernaan, protein akan dipecah menjadi senyawa yang disebut…
a.       Vitamin
b.      Asam amino
c.       Glukosa
d.      Asam lemak
e.      Kolesterol
Jawaban: B
Penjelasan: Setelah melalui berbagai tahap protein mengalami beberapa perubahan dan tahap terakhir yaitu perubahan dari polipeptida kecil dengan bantuan peptidase berubah menjadi asam amino
6.       Hubungan yang benar antara nama, sumber, dan fungsi vitamin berikut adalah….
a.        B12 Telur, susu Metabolisme sel dan pertumbuhan jarigan
b.      Sayuran dan buah berwarna kuning dan merah Pertumbuhan tulang dan gigi
c.       E Kecambah, susu Memelihara kesehatan mata
d.      K Hati, daging Membentuk eritrosit
e.      D Susu, minyak ikan Pembekuan darah
Jawaban: A
Penjelasan: vitamin B12 yang bersumber dari daging, unggas, ikan, telur, susu, keju, hati, udang, dan kerang berfungsi sebagai metabolisme sel dan pertumbuhan jaringan

7.       Fungsi hati berikut yang berkaitan dengan fungsi pencernaan makanan adalah…
a.       Menetralkan racun
b.      Menghasilkan empedu
c.       Menghasilkan sel darah
d.      Menyimpan zat makanan
e.      Menghancurkan eritrosit tua
Jawaban: B
Penjelasan: Meskipun hati bukan salah satu organ pencernaan, tetapi hati dapat mensekresikan empedu. Empedu mengandung garam empedu yang memegang peranan penting dalam pencernaan lemak.
8.       Proses pencernaan yang terjadi di mulut berlangsung secara mekanik dan kimiawi dengan menggunakan enzim sebagai katalisatornya. Zat yang diubah di dalam mulut dengan perantaraan enzim adalah….
a.       Protein
b.      Mineral
c.       Lemak
d.      Vitamin
e.      Karbohidrat
Jawaban: E
Penjelasan: Air liur mengandung enzim ptialin atau amilase yang akan mengubah amilum (polisakarida) menjadi maltosa.
9.       Organ-organ pada sistem pencernaan makanan manusia dapat dibedakan menjadi saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Berikut ini, organyang merupakan saluran pencernaan sekaligus kelenjar pencernaan adalah….
a.       Pankreas dan hati
b.      Pankreas dan usus halus
c.       Lambung dan hati
d.      Lambung dan usus halus
e.      Usus halus dan hati
Jawaban: d
Penjelasan: Saluran pencernaan manusia terdiri dari mulur, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Kelenjar pencernaan manusia terdiri dari air liur, lambung, pankreas, hati, usus halus.
10.   Makanan yang keluar dari lambung menuju ke usus halus sebagian sudah mengalami pencernaan. Apabila seseorang makan bahan makanan yang mengandung:
1. Protein
2. Amilum
3. Glukosa
4. Lemak
5. Vitamin
Zat makanan yang sudah mengalami pencernaan secara kimia adalah….
a.       1,2, dan 3
b.      1,2, dan 4
c.       2,4, dan 5
d.      2,3,4, dan 5
e.      Semua benar
Jawaban: a
Penjelasan: protein, amilum, dan glukosa sudah dicernakan di mulut, lambung, dan usus halus

11.   Lambung menghasilkan asam lambung yang berfungsi untuk…
a.       Membantu mencerna makanan menjadi partikel yang lebih kecil
b.       Membantu pergerakan makanan melalui lambung
c.       Memecah makanan secara kimiawi
d.      Membunuh bakteri dalam makanan
e.      Membantu kerja enzim pada usus halus
Jawaban: D
Penjelasan: Asam lambung berfungsi mematikan bakteri yang terdapat dalam makanan mengubah sifat protein, dan mengaktifkan pepsin.
12.   Makanan akan mengalami pencernaan selama dalam saluran pencernaan tetapi dalam organ tertentu makanan tidak mengalami baik secara mekanik maupun kimia. Organ tersebut adalah…
a.       Mulut
b.      Duodenum
c.       Esofagus
d.      Ileum
e.      Ventrikulus
Jawaban: B
Penjelasan: Kerongkongan(esofagus) merupakan saluran panjang dan tipis sebagai jalan makanan yang telah dikunyah dari mulut ke lambung. Pada kerongkongan (esofagus) tidak terjadi proses pencernaan.
13.   Berikut ini proses pencernaan yang berlangsung dalam lambung kecuali…
a.       Amilum berubah menjadi fruktosa oleh enzim ptyalin
b.      Kaseinogen akan berubah menjadi kasein oleh enzim rennin
c.       Protein menjadi peptida oleh enzim pepsin
d.      Kasein akan digumpalkan oleh ion Ca+
e.      Lemak akan dihidrolisis menjadi asam lemak dan gliserol oleh enzim lipase
Jawaban: A
Penjelasan: Amilum berubah menjadi fruktosa oleh enzim ptialin terjadi di mulut oleh air liur.

14.   Hasil pencernaan makanan di lambung akan menghasilkan “ bubur makanan” yang disebut kim yang bersifat asam. Sifat asam ini di dalam lambung akan dinetralkan oleh….
a.       Empedu yang dihasilkan hati
b.      Renin yang dihasilkan lambung
c.       Nuklease yang dihasilkan pancreas
d.      Laktase yang dihasilkan dinding usus halus
e.      Natrium bikarbonat yang dihasilkan pankreas
Jawaban: e
Penjelasan: Natrium birkabonat, berfungsi menetralkan keasaman isi usus
15.   Usus halus terdiri dari 3 bagian yaitu jejunum, duodenum dan ileum. Proses penyerapan bahan makanan terjadi di bagian….
a.       Duodenum dan jejunum
b.      Jejunum
c.       Duodenum dan ileum
d.      Ileum
e.      Jejunum dan ileum
Jawaban: D
Penjelasan: Di dalam ileum terdapat banyak lipatan dan lekukan yang disebut vili atau jonjot usus. Vili berfungsi memperluas permukaan usus sehingga proses terjadinya penyerapan zat makanan akan lebih sempurna
16.   Zat-zat makanan berikut akan diserap oleh pembuluh-pembuluh darah kapiler dalam vili/ jonjot usus halus menuju ke hati melalui vena porta, kecuali….
a.       Glukosa
b.      Mineral
c.       Asam amino
d.      Air
e.      Protein gliserol
Jawaban: E
Penjelasan: Zat makanan berupa glukosa, asam amino, vitamin, mineral, dan air akan diserap oleh kapiler darah dalam vili.
17.   Berikut ini adalah beberapa proses pencernaan:
1. Penyerapan air
2. Penyerapan mineral
3. Penyerapan ion-ion
4. pembusukan oleh Escherichia coli
Proses pencernaan yang terjadi dalam usus besar adalah….
a.       1 dan 2
b.      2 dan 3
c.       1 dan 3
d.      2 dan 4
e.      1 dan 4
Jawaban: C
Penjelasan: Namun demikian, kandungan airnya masih cukup tinggi. Jika sisa makanan masih mengandung kadar air yang tinggi, usus besar akan menyerapnya. Pembentukan feses pada usus besar dibantu oleh bakteri Escherichia coli
18.   Perhatikan gambar sistem pencernaan di samping. Gangguan pencernaan grastritis terjadi karena infeksi pada bagian….
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
e.      5
Jawaban: C
Penjelasan: Grastisis berarti peradangan mukosa lambung.
19.   Pada sistem pencernaan, hormon yang merangsang empedu untuk mengeluarkan garam empedu adalah….
a.       Insulin
b.      Kolesistokinin
c.       Tripsin
d.      Pepsin
e.      Sekretin
Jawaban: D
Penjelasan : Hormon kolesistokinin merangsang empedu untuk mengeluarkan bilus. Bilus mengandung garam empedu.
20.   Enzim yang dihasilkan oleh pankreas akan masuk ke duodenum (usus dua belas jari) melalui…
a.       Darah
b.      Pembuluh darah
c.       Pembuluh limfe
d.      Kerongkongan (esofagus)
e.      Saluran pankreas
Jawaban: A
Penjelasan: Jika isi lambung yang bersifat asam masuk ke dalam duodenum, sel-sel tertentu pada duodenum akan melepaskan hormon sekretin dan hormon kolesistokinin ke dalam darah.
21.   Berikut ini yang merupakan lemak campuran adalah....
a.       Lipid
b.      Protein
c.       Fosfatidilkolin
d.      Fosfat 
e.      Kolin
Jawaban: C
Pembahasan : lemak campuran merupakan gabungan antara lemak dengan senyawa bukan lemak seperti fosfat, protein, dan glukosa. Contohnya fosfatidilkolin yang merupakan gabungan antara lipid, fosfat, dan kolin.
22.   Pada sistem pencernaan manusia, zat makanan yang dicerna oleh garam empedu adalah….
a.       Asam amino
b.      Protein
c.       Karbohidrat
d.      Vitamin
e.      Lemak
Jawaban: E
Penjelasan: Bilus mengandung garam empedu dan bilirubin (zat warna empedu) yang dapat mengemulsikan lemak
23.   Hasil pencernaan di bawah ini siap diserap oleh usus halus, kecuali….
a.       Gliserol
b.      Monosakarida
c.       Asam amino
d.      Vitamin
e.      Polipeptida 
Jawaban: E
Penjelasan: Vitamin akan diserap oleh kapiler darah dalam vili.
24.   Hasil pencernaan karbohidrat akan diserap oleh….
a.       Arteri vili
b.      Vena vili
c.       Kapiler vili
d.      Pembuluh limfe
e.      Saraf vili
Jawaban: C
Penjelasan: Zat makanan berupa glukosa, asam amino, vitamin, mineral, dan air akan diserap oleh kapiler darah dalam vili.
25.   Hubungan yang benar antara organ, enzim, serta fungsinya dari pencernaan di bawah ini adalah…
a.       Mulut Ptialin Amilum => Glukosa
b.      Lambung Pepsin Protein => Glukosa
c.       Pankreas Lipase Gliserol => Asam lemak
d.      Usus 12 jari Sukrase Sukrosa => Asam amino
e.      Usus halus Erepsin Tripsinogen => Tripsin
Jawaban: C
Penjelasan: Lipase, berfungsi menghidrolisis lemak menjadi campuran asam lemak dan monogliserida
26.   Bagian lambung hewan memamah biak yang sama dengan lambung manusia adalah…
a.       Abomasum
b.      Omasum
c.       Rumen
d.      Ileum
e.      Retikulum
Jawaban: A
Penjelasan: Di dalam omasum, makanan dicerna secara mekanik kemudian masuk ke dalam abomasum yang fungsinya sama seperti lambung.
27.   Peranan bakteri dan hewan Ciliata yang terdapat dalam lambung hewan memamah biak adalah…
a.       Mencerna selulosa karena menghasilkan enzim selulase
b.      Membusukkan makanan dan menghasilkan asam amino
c.       Menghasilkan asam amino dan vitamin
d.      Menghasilkan asam laktat dan mencerna selulosa
e.      Membusukkan makanan dan menghasilkan vitamin
Jawaban: a
Penjelasan: Dalam abomasum ini makanan dicerna secara kimiawi oleh enzim-enzim selulase yang dihasilkan oleh bakteri dan hewan Ciliata.
28.   Tembolok pada burung dara berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan sementara. Tembolok merupakan bagian dari….
a.       Tenggorokan
b.      Usus halus
c.       Kerongkongan
d.      Usus besar
e.      Lambung
Jawaban: b
Penjelasan: Makanan dari mulut masuk menuju ke tembolok melalui kerongkongan.
29.   Pada burung terdapat bagian akhir usus yang sekaligus bermuara saluran ekskresi dan saluran alat kelamin yang disebut
a.       Kantong kemih
b.      Kolon
c.       Anus
d.      Kloaka
e.      Ureter
Jawaban: B
Penjelasan: Kloaka merupakan muara 3 saluran, yaitu pencernaan, saluran ekskresi, dan saluran alat kelamin
30.   Seseorang mengalami gangguan pencernaan makanan dengan gejala sukar buang air besar. Gangguan ini disebabkan….
a.       Makanannya kurang mengandung serat
b.      Keracunan makanan
c.       Kekurangan vitamin C
d.      Infeksi kuman
e.      Infeksi rongga tubuh
Jawaban: a
Penjelasan: Konstipasi berarti lambatnya pergerakan feses melalui usus besar. Penyebabnya adalah kebiasan buang air yang tidak teratur dan kurangnya makan makanan yang berserat.
31.    Urutan sistem pencernaan pada manusia adalah ….
a.       Mulut-kerongkongan-lambung-usus halus-anus
b.      Mulut-keronngkongan-usus halus-usus besar-anus
c.       Mulut-kerongkongan-usus halus-lambung-usus besar-anus
d.      Mulut-tenggorokan-usus halus-usus besar-anus
e.      Mulut-tenggorokan-usus besar –usus halus-anus
Jawaban : A
Pembahasan : urutan sistem pencernaan pada manusia yaitu mulut (kavum oris), kerongkongan (esofagus), lambung (ventrikulus), usus halus, usus besar (kolon), dan anus.
32.   Enzim yang dihasilkan oleh getah pankreas yang berfungsi untuk memecah amilum menjadi maltosa adalah ….
a.       Amilase
b.      Steapsin
c.       Ptialin
d.      Erepsin
e.      Tripsin
Jawaban : A
Pembahasan : enzim ptialin atau amilase berfungsi untuk mengubah amilum (polisakarida) menjadi maltosa
33.   Reagen yang dipakai untuk menguji adanya glukosa adalah ….
a.       Biuret
b.      Fehling dan millon
c.       Larutan sudah
d.      Benedict
e.      Millon
Jawaban : D
Pembahasan: reagen yang dipakai untuk menguji adanya glukosa adalah Benedict.
34.   Jenis karbohidrat yang sulit larut dalam air adalah ….
a.       Fruktosa
b.      Galaktosa
c.       Selulos
d.      Glukosa
e.      Disakarida
Jawaban : D
Pembahasan : polisakarida sukar larut dalam air, contoh polisakarida adalah amilum, glukosa, glikogen, selulosa, pektin, lignin, dan kitin.
35.   Vitamin-vitamin di bawah ini yang larut dalam lemak, kecuali ….
a.       Vitamin A
b.      Vitamin C
c.       Vitamin D
d.      Vitamin E
e.      Vitamin K
Jawaban : B
Pembahasan : vitamin-vitamin yang larut dalam lemak yaitu vitamin A, B, D, E, dan K, karna semua vitamin tersebut berasal dari daging, sayuran, hati, dan susu.
36.   Hewan pemamah biak dapat mencerna selulosa karena adanya enzim selulase yang dihasilkan oleh ….
a.       Dinding rumen
b.      Dinding omasum yang bersifat asam
c.       Bakteri yang dihasilkan oleh reticulum
d.      Bakteri dalam rumen dengan suasana basa/alkalis
e.      Dinding abomasums
Jawaban : D
Pembahasan : dalam sistem pencernaan pada hewan pemamah biak, makanan dicerna secara kimiawi oleh enzim-enzim selulosa yang dihasilkan oleh bakteri dan hewan Ciliata yang bersimbiosis dengan hewan memamah biak.
37.   Dalam air liur manusia terdapat enzim ptialin yang bertugas untuk ….
a.       Menguraikan lemak menjadi asam lemak dan gliserol
b.      Memecah protein menjadi asam amino
c.       Merombak peptida menjadi asam amino
d.      Mengubah amilum menjadi maltose
e.      Memecah protein menjadi peptida
Jawaban : D
Pembahasan : air liur mengandung enzim ptialin atau amilase yang akan mengubah amilum menjadi maltosa
38.   Makanan yang seimbang adalah makanan yang mengandung ….
a.       Sodium klorida, susu, vitamin, karbohidrat, lemak, protein dan makanan kasar.
b.       Vitamin, mineral, glukosa, lemak, air, dan makanan kasar.
c.        Vitamin, mineral, karbohidrat, makanan tanpa lemak, protein, air, dan makanan kasar
d.      Karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, serat nabati dan air
e.      Karbohidrat, lemak, protein, protein dan serat nabati
Jawaban : D
Pembahasan: makanan seimbang adalah makanan yang mengandung apa yang diperlukan oleh tubuh. makanan yang diperlukan oleh tubuh manusia yaitu makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, air, dan serat nabati.
39.   Penghubung cavum oris dengan esofagus adalah ….
a.       Faring
b.      Laring
c.       Duktus
d.      Vesika fellea
e.      Trakea
Jawaban : A
Pembahasan : faring merupakan saluran persimpangan antara rongga hidung dengan tenggorokan dan mulut ke kerongkongan.
40.   Untuk pertamakali makan yang telah dikunyah oleh hewan pemamahbiak masuk ke ….
a.       Omasum
b.      Retikulum lalu ke rumen
c.       Abomasum
d.      Retikulum
e.      Rumen
Jawaban : E
Pembahasan : makanan yang masih dalam keadaan kasar ditelan masuk ke dalam rumen lalu menuju retikulum.
41.   Parotitis adalah gangguan sistem pencernaan yang disebabkan ….
a.       Radang pada usus halus
b.      Infeksi pada usus buntu
c.       Radang pada dinsing lambung
d.      Infeksi kelenjar ludah
e.      Radang pada selaput perut
Jawaban : D
Pembahasan : parotitis adalah salah satu jenis penyakit menular dimana menyerang seseorang yang terinfeksi oleh virus paramyxovirus yang menyerang kelenjar ludah.
42.   Kedua zat makanan berikut pada berat yang sama menghasilkan energi yang sama adalah….
a.       Protein dan karbohidrat
b.      Lemak dan protein
c.       Protein dan vitamin
d.      Vitamin dan karbohidrat
e.      Karbohidrat dan lemak
Jawaban : A
Pembahasan : zat-zat makanan ada yang dibutuhkan dalam jumlah yang banyak dan ada pula yang dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit. Makanan yang dibutuhkan dalam jumlah yang banyak yaitu : karbohidrat, lemak dan protein, namun dalam berat yang sama zat makanan yang menghasilkan energi yang sama yaitu karbohidrat dan protein karna lemak disimpan apabila tubuh mulai kekurangan bahkan kehabisan karbohidrat.
43.   Dalam proses penyerapan makanan, lemak akan dipecah menjadi ….
a.       Asam lemak dan glukosa
b.      Asam amino dan asam lemak
c.       Asam lemak dan gliserol
d.      Asam lemak dan amilum
e.      Asam lemak dan enzim
Jawaban : C
Pembahasan : dalam proses pencernaan/penyerapan lemak, lemak akan di pecah menjadi dua yaitu asam lemak dan gliserol
44.   Terjadinya radang akut atau kronis pada selaput lendir dinding lambung merupakan gangguan sistem percernaan yang disebut ….
a.       Gastritis
b.      Heart burn
c.       Gastroenteritis
d.      Stomatitis
e.      Hernia
Jawaban : A
Pembahasan : Gastritis adalah peradangan mukosa lambung. Gastritis menimbulkan peradangan yang tidak begitu berbahaya, tetapi berlangsung lama sehingga menyebabkan rusaknya mukosa lambung. Bebrapa kasus, gastritis dapat menjadi sangat akut dan berat.
45.   Protein pertama kali dicerna secara kimiawi terjadi dalam ….
a.       Mulut
b.      Lambung
c.       Kerongkongan
d.      Usus halus
e.      Usus besar
Jawban : B
Pembahasan : protein pertama kali dicerna di lambung oleh enzim pepsin yang aktif pada pH 2-3(suasana asam).pepsin memulai proses pencernaan makanan.
46.   Berikut ini adalah nama-nama organ pada tubuh manusia:
1)    Ventrikulus
2)    Faring
3)    Esofagus
4)    Hepar
5)    Usus 12 jari
6)    Colon
Organ penyusun saluran pencernaan adalah ….
a.       1), 2), 3) dan 4)
b.       1), 3), 5) dan 6)
c.        2), 3), 4) dan 5)
d.       2), 3), 5) dan 6)
e.       2), 4), 5) dan 6)
Jawaban : B
Pembahasan : saluran pencernaan pada manusia terdiri dari mulut (kavum oris), kerongkongan (esofagus), lambung (ventrikulus), usus halus, usus besar (colon).
47.   Endoskop khusus yang digunakan untuk memeriksa bagian organ yang ada dalam perut disebut ….
a.       Stomach tube
b.      Gastroscope
c.       Feeding tube
d.      Rectal tube
e.      Colonoscope
Jawaban :
48.   Gigi pada hewan ruminansia yang berfungsi untuk mengunyah makanan adalah ….
a.       Gigi tetap
b.      Gigi taring
c.       Gigi susu
d.      Gigi seri
e.      Gigi geraham
Jawaban : E
Pembahasan : gigi yang berfungsi untuk mengunyah makanan pada hewan ruminansia adalah gigi geraham
49.   Gangguan pada sistem pecernaan manusia yang di sebabkan oleh kebiasaan buang air yang tidak teratur dan kurangnya makan makanan yang berserat adalah.....
a.       Konstipasi
b.      Gastritis
c.       Pankreasitis
d.      Diare
e.      Flatus
jawaban : A
pembahasan : Gangguan pada sistem pecernaan manusia yang di sebabkan oleh kebiasaan buang air yang tidak teratur dan kurangnya makan makanan yang berserat adalah konstipasi. Konstipasi adalah lambatnya pergerakan fases melalui usus besar.

50.   Fungsi lidah selain sebagai salah satu panca indra, juga memiliki fungsi untuk....
a.       Menghancurkan makanan
b.      Menghabiskan enzim ptialin
c.       Membantu proses menelan
d.      Melindungi gigi
e.      Membasahi makanan

Jawaban : C
Pembahasan : fungsi lidah yaitu membantu mencampur makanan dalam mulut, membantu proses menelan, dan menghasilkan kelenjar ludah.