RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP …..
Mata Pelajaran : BAHASA
INGGRIS
Kelas / Semester : VIII
/ I
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Memahami
makna dalam percakapan ransaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar : 1.2 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar melibatkan tindak tutur;
mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji
dan memberi selamat.
Indikator : Bertanya dan menjawab berbagai informasi
°
Mengundang, menerima
dan menolak ajakan.
°
Menyetujui/ tidak
menyetujui
°
Ungkapan memuji.
°
Ungkapan memberi selamat.
Jenis Teks :
Tema :
Aspek / Skill :
Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit
I.
Tujuan Pembelajaran
Pada
akhir pelajaran siswa dapat :
a. Merespon ungkapan mengundang, menerima dan menolak ajakan.
b. Merespon ungkapan menyetujui / tidak menyetujui.
c. Merespon ungkapan memuji.
d. Merespon ungkapan memberi selamat.
II.
Materi Pembelajaran
Expression
to invite, accept and decline invite :
You can use these expressions to invite
someone.
• Shall we ...?
• Can you come to ....
• Would you like to come?
• I’d very much like you to come.
You can use these expressions to accept an
invitation.
• Yes, certainly I will come.
• Absolutely, count me in.
• I would, very much.
• Yes, I’d like nothing better.
You can use these expressions to decline
an invitation.
• I’m terribly sorry. I don’t think I can.
• I’m very sorry, I can’t.
• Thank you very much,
but ....
a. Percakapan berupa menerima dan menolak ajakan.
Cth : A : Would you come to my
party?
B : I’d
love to / I wan’t to, but .....
Expressions
to agreement and disagreement
To ask for agreement, you could use these
expressions.
• Do you agree?
• Would you agree with ...?
• ..., wouldn’t you say?
You can use these expressions to give an
agreement.
• That's a good idea.
• Well, that’s settled.
• We seem to be saying the same thing.
You can use these expressions to respond
to a statement.
• Why not?
• Really?
• How true.
You can use these expressions to say that
you agree.
• Yes, I agree.
• That’s true.
You can use these expressions to say that
you disagree.
• I don’t agree.
• No, I don’t think....
a. Percakapan berupa menyetujui / tidak menyetujui
Cth : A : I do agree A : No way ......
B : Thanks
for the support B : It’s
OK. No problem
Expressions
to compliment and congratulate:
These expressions are used to compliment
someone.
• That’s a nice .... (Appearance)
• You’re looking good. (Appearance)
• Wow. You’re very clever.
These
expressions are used to congratulate someone.
• Congratulations.
• Well done
• Fantastic
a. Percakapan berupa memuji
Cth : A : You have beautiful hair
B : Thank
you.
b. Percakapan berupa ungkapan memberi selamat.
Cth : A : Happy birthday
B : Thank
you.
III.
Metode / Teknik Pembelajaran : Ceramah, Kelompok, dan Penugasan
IV.
Nilai-nilai yang dikembangkan berdasarkan kompetensi
dasar adalah:
·
Religius
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Disiplin
·
Rasa Ingin tahu
V.
Langkah-langkah Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
-
Memberi
salam sebagai awal pertemuan (Religius)
-
Brain storming bertanya dan menjawab tentang berbagai hal terkait tema topik yang akan
dibicarakan.
(Kreatif) (Mandiri) (Ekplorasi)
b. Kegiatan Inti
Pertemuan 1 :
- Memberikan
pemahaman mendasar tentang penggunaan ungkapan-ungkapan yang akan dipelajari
sebelum memasuki materi utama (Rasa ingin
tahu)
- Menjelaskan
penggunaan ungkapan : ungkapan mengundang, menerima dan
menolak ajakan dan
ungkapan menyetujui / tidak menyetujui. (Disiplin)
- Mengartikan
ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari (Eksplorasi)(Elaborasi)
- Memberikan
gambaran secara visual (peraktek ) seperti yang biasanya dilakukan di kehidupan
sehari-hari (Rasa ingin tahu)
-
Membacakan
instruksi sesuai materi dan peserta didik merespon (Kreatif)
Pertemuan 2:
- Memberikan
pemahaman mendasar sebelum memasuki materi utama (Rasa ingin tahu)
- Menjelaskan
penggunaan ungkapan : ungkapan memuji / ungkapan memberi selamat. (Disiplin)
- Mengartikan
ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari (Eksplorasi)(Elaborasi)
- Memberikan
gambaran secara visual (peraktek ) seperti yang biasanya dilakukan di kehidupan
sehari-hari (Rasa ingin tahu)
- Peserta didik
merespon ungkapan yang dibacakan oleh guru sesuai materi (Kreatif)
c. Kegiatan Penutup
-
Menanyakan kesulitan
siswa dalam pembelajaran.
-
Menyimpulkan materi
pembelajaran.
(Konfirmasi)
-
Menugaskan siswa
untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang
sesungguhnya.(Konfirmasi)
VI.
Sumber Belajar
1. Script Percakapan
2. Buku teks yang relevan
VII.
Penilaian
a. Teknik : Merespon ungkapan pertanyaan tertulis dan
lisan.
b. Bentuk : Isian
c. Instrument :
Pertemuan 1:
Listen
to the tape about the following dialogue.
Budi and all his
classmates are going to Dufan.
Budi is chatting
with his best friend, Dani.
Budi
: It’s very ________ today.
Dani : Yes, it is. I’m
having so much fun.
Budi
: Which is the most exciting game for you here?
Dani
: Well, I must say that ___________ is the most exciting game.
Budi
: Yes, _______. The roller coaster gave me an unforgettable experience. I think
I want to ride it again.
Dani
: Yes, me too. By the way, are you chewing gum?
Can
I have some?
Budi
: Yes, of course. Here you are.
Dani
: Thanks.
Budi
: Do you want the new banana ____________? It tastes good.
Dani : Not for me,
thanks. I don’t like bananas.
Pertemuan 2 :
Listen
to the tape about the following dialogue.
At break time, Erwin is reading a
book in class, then suddenly
Dewi comes
and greets him.
Dewi : Hi, Erwin. 1____________ ?
Erwin : Well, I’m reading an English book. We’re having a test
tomorrow, remember?
Dewi : Wow. 2____________________ .
Erwin : Not at all. I just don’t have anything else to do.
Dewi : By the way, I’m going to have a birthday party at my house
this Sunday. I’m thirteen now.
Erwin : Happy birthday, Dewi. 3_________________ , you’re a
teenager now.
Dewi : Thank you. I’d like you to come.
Erwin : I’m terribly sorry,
4____________________ . I have to go to my grandmother’s house this Sunday. She
is ill.
Dewi
: I’m sorry to hear that. I hope she’ll get well soon.
Erwin
: Thanks.
When they are talking,
Mira comes.
Mira
: Hi, what are you two talking about?
Erwin
: Dewi is going to have a birthday party at her house this Sunday.
Mira
: Really? Happy birthday, Dewi.
Dewi
: Thank you, Mira. 5_________________ ?
Mira
: 6______________________ .
Dewi : Great.
........, ........
2016
Mengetahui :
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran,